KEPUASAAN KERJA

KEPUASAAN KERJA.

“Mendapatkan Karir yang diinginkan dan Kepuasaan Kerja.”

Bagi eksekutif sibuk yang sering harus menaghadapi tuntutan profesional yang keras, waktu termasuk komoditi yang sangat langka. Sebagai profesional, mereka juga menginginkan kepuasaan dalam bekerja atau berkarir. Adapaun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendapatkan keduanya diantaranya yaitu :

  1. Rumuskan Kepuasaan Karir

karir yang luar biasa bukan hanya perlu bekerja secara baik di dunia eksternal, tapi juga mengerjakan pekerjaan yang disukai atau dicintai. Membedakan suskes karir dengan kepuasaan kerja sering merupakan tantangan bagi banyak eksekutif sukses. Berikut, 4 pertanyaan sederhana untuk menentukan sumber utama kepuasaan karir personal.

  • Apa keterampilan terbesar yang anda paling anda sukai ?
  • Pekerjaan apa yang paling menarik minat anda dan membuat anda menggunakan keterampilan terbaik anda?
  • Apa jenis penghargaan atau hasil yang paling bermakna untuk anda ?
  • Apa peran pekerjaan anda yang paling anda sukai ?

Gunakan pertanyaan-pertanyaan ini untuk menentukan arah karir terbaik anda.

  1. Buat rencana karir sederhana

Ucapkan kata rencana pada seorang eksekutif dan akan langsung muncul banyak informasi dan analisis, dokumentasi berhalaman-halaman dan upaya berbulan-bulan. Reaksi instinktif nya adalah, ”saya tak punya waktu untuk itu.” Rencana karir yang dimaksudkan disini bisa sesederhana dokumen satu halaman yang mencatat tujuan jangka panjang karir dan bagaimana berencana membangun keterampilan-keterampilandan pengalaman untuk membuat diri anda lebih mudah mencari pekerjaan pada tahun berikutnya, tiga tahun berikutnya, dan disepanjang karir anda. Bahkan empat sampai tujuh kalimat singkat pada secarik kertas dapat memberikan fokus yang anda perlukan untuk menuntun pilihan karir dan gerakan-gerakan anda secara strategis. Rencana karir yang strategis dan penuh pertimbangan tidak memerlukan persiapan panjang dan intensif.

  1. Tulis resume yang focus pada prestasi.

Anda bukan hanya perlu resume yang kuat setiap saat, misalnya pada saat perusahaan mendadak restruktrurisasi atau peluang-peluang untuk duduk dalam dewan, tapi anda perlu sejenis resume khusus. Resume yang focus pada prestasi dan hasil dalam jumlah kuantitas adalah cara terbaik untuk memperlihatkan nilai-nilai anda. Resume yang berorientasi pada prestasi menjelaskan brand khusus eksekutif anda atau professional dalam arti hasil kongkret. Yang paling penting bukan jabatan atau tanggung jawab,pekerjaan, tapi apa yang anda capai dalam pekerjaan tersebut. Predictor terbaik untuk masa depan adalah kinerja masa lalu, jadi beri penekanan pada hal ini karena itulah yang paling menarik bagi calon pimpinan.

  1. Rumuskan keunggulan kompetitif anda

Kenali keunggulan kompetitif anda dengan memberikan pandangan makro brand anda yang dapat  membuat anda tampak istimewa pada peluang tertentu. Sebagai contoh, kompetisi secara sukses untuk promosi yang diinginkan untuk marketing perlu lebih dari penjelasan tentang keterampilan marketing, komunikasi anda dan track record yang kuat, yang lebih berkesan adalah keunggulam kompetitif yang menjelaskan pengalaman anda luas disemua bidang fungsi marketing. Terdiri dari komunikasi, segmentasi pasar, branding dan riser pasar.

( Sumber Make the ride career move : 28 critical insights and strategies  to land your dream job oleh Rachelle z.canter ).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: