Masalah yang ada dalam ergonomi dengan efek keilmuwan psikologi (MASALAH ERGONOMI DALAM PEMBANGUNAN TROTOAR)

Masalah yang ada dalam ergonomi  dengan efek keilmuwan psikologi

Artikel

MASALAH ERGONOMI DALAM PEMBANGUNAN TROTOAR

Pembangunan trotoar telah menjadi prioritas  pembangunan di setiap kota karena merupakan salah satu penilaian keberhasilan pembangunan kota. Fungsi trotoar dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pejalan kaki serta kelancaran lalu lintas, tetapi kenyataannya belum dapat memenuhi tujuan tersebut. Sehubungan dengan  hal tersebut telah dilakukan observasi terhadap kondisi trotoar di ruas-ruas jalan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa trotoar  (baik  yang sudah lama maupun yang baru) tidak rata, krebnya terlalu tinggi, terputus atau terhalang oleh pohon, tiang traffic light, bangunan suci dsb. Kondisi demikian jelas belum dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna khususnya bagi mereka yang berusia lanjut, cacat mata atau kaki, pemakai kursi roda atau kereta bayi. Bahkan di beberapa trotoar telah menyebabkan kecelakaan. Untuk itu disarankan agar trotoar lebih rata, tidak terputus dan krebnya tidak terlalu tinggi dan harus sinkrun dengan pembangunan got, jalan, listrik, telepon, air minum dan penanaman pohon penghijauan.

1.  Standar desain pembangunan trotoar sekarang  lebih mengutamakan keberadaannya sebagai

syarat penilaian keberhasilan pembangunan  kota dan kurang memperhatikan kepentingan pejalan kaki.

2.  Trotoar sering dimanfaatkan untuk fungsi lain seperti tempat jualan, bengkel sepeda motor, tempat bahan bangunan sehingga mengganggu pengguna

3.  Pembangunan trotoar sering menimbulkan masalah baru seperti banjir, kesulitan parkir kendaraan.

4.  Trotoar dibangun tidak rata sehingga kurang nyaman bagi pemakai terutama bagi mereka yang berusia lanjut, cacat mata atau kaki, pemakai kursi roda dan kereta bayi dan rawan kecelakaan.

5.  Trotoar sering terputus tanpa tanda atau peringatan sehingga kurang nyaman bagi pemakai dan dapat menyebabkan kecelakaan.

6.  Pembangunan trotoar kurang sinkrun dengan pembangunan got, jalan, listrik, telepon, air minum dan penanaman pohon penghijauan.

SARAN

1.  Pembangunan trotoar agar lebih mengutamakan kepentingan pejalan kaki guna member kenyamanan dan keamanan bagi pemakai.

2.  Penggunaan trotoar untuk keperluan lain yang sampai mengganggu fungsi trotoar perlu ditertibkan dengan penerapan sangsi yang tegas

3.  Apabila trotoar dibangun di atas got harus terjamin kelancaran aliran air dalam got sehingga tidak menimbulkan banjir.

4.  Pemangunan trotoar agar disesuaikan dengan  standar moderen sehingga nyaman bagi pemakai dan kendaraan pemakai jalan.

5.  Pembangunan trotoar jangan sampai terputus apalagi ke pinggir got atau sungai. Apabila terputus harus diberi tanda peringatan.

6.  Pembangunan trotoar agar sinkrun dengan pembangunan got, jalan, jaringan listrik, telepon, air minum dan pananaman pohon penghijauan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: